PROPIL USAHA MAKANAN POTATO RINGS
Potato rings atau cincin kentang adalah makanan yang di olah dan dibentuk seperti cincin. Potato rings pernah populer di tahun 1980 dan 1990-an, terutama dikalangan anak-anak,remaja dan orang dewasa. saya membuat usaha ini karena potato rings memiliki rasa yang gurih dan renyah, selain itu potato rings banyak digemari oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa.
B. Profill Usaha
Nama usaha : Potato rings balado
Pemilik : Eta Marsini
Lokasi usaha : Br.katulampa, desa.manistutu
Moto
Teruslah berusaha menjadi yang terbaik,karena usaha tidak mengkhianati hasil.
Misi
1. Dapat memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan
2. Dapat menjaga kualitas produk
3. Memilih bahan baku yang berkualitas
C. Tujuan
Tujuan saya membuat produk makanan ini adalah untuk memperkenalkan produk makanan ini lebih luas di kalangan masyarakat seperti anak-anak, remaja,dan orang dewasa dan untuk membangun usaha yang berkelanjutan supaya dapat berkembang dalam jangka panjang.
D. Strategi Pemasaran
Online :
Mempromosikan produk mengunakan media sosial dan place market.
Offline :
Membuka stand dirumah dan mengikuti stand pameran umkm.
STP
Segmentasi :
Potato rings ini mencakup segmentasi demografi. potato rings ini di jual untuk semua kalangan masyarakat seperti anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
Targeting :
Potato rings ini sangat cocok untuk di jadikan camilan yang berfokus ada di kalangan masyarakat.
Positioning :
Mempromosikan produk potato rings menggunakan media sosial, memberikan produk yang berkualitas dan bahan baku yang sangat berkualitas.
E. SWOT
- Strength(kekuatan):
1. Memiliki cita rasa yang gurih dan renyah
2. Kualitas bahan baku yang terjangkau
3. Harga bahan baku yang terjangkau
- Wekness(Kelemahan) :
1.Belum banyak masyarakat yang mengenal produk.
2. Rasa varian potato rings kurang
3. Produk yang sangat mudah di tiru masyarakat.
- Opportunities(Peluang):
1. Membuat varian potato rings yang baru
2. Menjaga kualitas produk
3. Mempromosikan produk melalui media sosial.
- Trect(Ancaman):
1. Konsumen cenderung bosan dengan rasa yang tersedia
2. Adanya persaingan
3. Minat dan daya beli konsumen tergantung cuaca dan musim.
F. Bahan baku dan Peralatan
- Bahan baku :
1. Kentang
2. Garam
3. Lada bubuk
4. Tepung maizena
5. Kaldu jamur
6. Bawang putih
7. Bubuk balado
- Peralatan :
1. Mika pembungkus
2. wadah/ mangkok
3. Piring
4. Panci
5. Pisau
6. Gas
7. Spatula/ Sutil
8. Penggorengan
G. Proses Produksi
1. Cucilah 500gram kentang hingga bersih, siapkan panci isi dengan 500ml air
2. Rebus kentang hingga matang
3. Kupas kulit kentang dan taruh di wadah
4. Tambahkan 4sdm tepung maizena, 1/4 garam, 1/4 sdt kaldu jamur, 1/4 lada bubuk,dan 2 siung bawang putih yang sudah di haluskan
5.Uleni adonan hingga tercampur merata
6. Bentuk adonan yang menyerupai rings dan lakukan sampai adonan habis
7. Panaskan minyak dengan api kecil. Goreng dan jangan lupa untuk di balik
8. Tiriskan potato rings yang sudah matang, siapkan piring dan tambahkan 4sdm bubuk balado. lalu aduk hingga tercampur merata. potato rings siap untuk di sajikan
H. Anggaran
- Modal Usaha
Modal usaha yang di butuhkan dalam pembuatan potato rings ini adalah 300.000 untuk pembelian bahan baku dan lain-lain
- Etimasi Pengeluaran
1. 1kg kentang = 1kg × 32.000 = 32.000
2. Satu kotak tepung maizena = 1 × 6.000 = 6.000
3. Lain lain = 1× 5.000 = 5.000
4. Air = 1 galon × 5.000 = 5.000
5. Bubuk balado= 1× 6.000 = 6.000
total : 116.000
- Bahan penolong
1. Minyak goreng= 1kg × 18.000 = 18.000
2. Mika pembungkus (50 pcs) × 1 = 7.000
3. Stiker(15pcs) × 1 = 15.000
total : 40.000
- Bahan Operasional
Gas(3kg) = 1 × 22.000 = 22.000
total : 22.000
- Biaya Produksi
bahan produksi = 54.000
bahan penolong = 40.000
bahan operasional = 22.000
total : 116.000
- Unit : 20
- Presentase : 30%
Biaya produksi + ( % × biaya produksi) = harga jual
116.000 + ( 30% × 116.000)
= 166.000 + 34.800
= 150.800 ÷ 20
= 7.540
Keuntungan yang di dapatkan harga jual sebelumnya dibagi Unit- Biaya
= 150.800 - 116.000 = 34.800
No comments:
Post a Comment